Tahun ini, Vespa merayakan hari jadinya ke-66 (1946-2012). Pengalaman-pengalaman tak terlupakan telah dirayakan dengan berbagai cara di seluruh dunia dan kemudian menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Salah satunya adalah melalui film.

Hanya berselang empat tahun setelah peluncurannya, Vespa mengawali debutnya di bidang perfilman pada tahun 1950, dalam film Italia berjudul “Sunday in August”. Vespa menjadi simbol status internasional di film “Roman Holiday” tahun 1953 melalui adegan yang menampilkan Audrey Hepburn dan Gregory Peck mengendarai Vespa 125 di tengah lalu lintas kota Roma. Sejak saat itu, banyak aktor dan aktris yang menggunakan Vespa dalam adegan film, seperti Dear Diary (1993), Alfie (2004) dan The Interpreter (2005).

Selama bertahun-tahun, sejumlah nama besar bintang film internasional pernah diambil gambarnya sambil mengendarai skuter paling terkenal di dunia ini. Tidak hanya duo Hepburn-Peck yang memulai sensasi Vespa di film “Roman Holiday”, namun juga para aktor dan aktris dari film-film seperti “Quadrophenia”, “Absolute Beginners”, “American Graffiti”, “The Talented Mr. Ripley”, “102 Dalmatians” dan film blockbuster “Transformers”. Vespa digunakan oleh banyak aktor dan aktris film, seperti Milla Jovovich, John Wayne, Henry Fonda, Gary Cooper, Sting, Antonio Banderas, Matt Damon, GĂ©rard Depardieu, Jude Law, Eddie Murphy, Owen Wilson, Nicole Kidman dan masih banyak lagi.

Sementara di Indonesia, Vespa telah melaju di jalanan berbagai kota di Indonesia sejak tahun 1960-an dan menjadi simbol ikonik bagi masyarakat. Dedikasi para pecinta ditunjukkan dengan terbentuknya begitu banyak  klub dan komunitas Vespa yang memungkinkan mereka untuk bersama-sama menikmati pengalaman dari merek skuter paling terkenal di dunia. Komunitas Vespa di Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Italia, dengan jumlah pecinta Vespa mencapai lebih dari 40,000 orang.

Banyak artis dan figur publik di Indonesia juga menjadi penggemar Vespa. Sebagai contoh saat peringatan hari jadi Vespa ke-66 dan peluncuran Vespa S 150ie, DJ Winky Wiryawan dan istri Kenes Andari, pasangan selebriti yang selalu menjadi pecinta Vespa; keduanya berbagi tentang kisah, pengalaman dan momen tak terlupakan mereka bersama Vespa.
Sementara saat peluncuran produk baru Vespa di Jakarta Fair 2012, presenter dan model Marisa Nasution juga berbagi pengalamannya mengendarai Vespa selama tinggal di Jerman. Dalam acara tersebut, Piaggio Indonesia juga memperkenalkan dua model terbaru Vespa sebagai sebuah ikon yaitu New Vespa PX 150 dan Vespa GTS 250ie.

Vespa telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang dan menjadi sebuah symbol identitas sosial dan budaya. Vespa adalah representasi keabadian.
sumber. vespa.com